Rabu, 08 Januari 2014

Cara Mengetahui Daftar Sekolah Lengkap

Hoy hoy berapa abad (?) saya nggak nulis disini? Sampe berdebu (?) gini? abaikan

Buat postingan kali ini, saya akan coba share cara mengetahui daftar sekolah nasional. Why should i do this? *tiba-tiba terngiang lagu why me~ why me oh~ why me* Soalnya saya juga sering butuh. Jawaban mainstream? Biarin toh emang gitu kok kenyataannya. Daftar sekolah se-indonesia, se-provinsi, se-kota/kabupaten, se-kecamatan, ada lengkap di situs referensi.data.kemdikbud.go.id. Keren kan? Secara pribadi saya sendiri suka butuh data SD buat observasi. Bosen juga kan kalo saya harus observasi ke SD itu-itu aja? Padahal kan banyak SD di kota tempat tinggal saya yang tercinta ini <3 Tapi masalahnya, buat saya adalah alamat. Heu~ Jadi saya simpan baik-baik list data SD se-Kota Tasikmalaya dan dapat dari link di atas.

Oke, kita mulai tutorialnya. Misalnya kita akan mencari daftar SD di Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya

1. Buka situs referensi.data.kemdikbud.go.id. Nanti akan muncul tampilan seperti ini. Klik untuk perbesar.


2. Klik Data Master lalu pilih Pendidikan Dasar dan Menengah.


3. Setelah itu, akan muncul tampilan seperti ini. Klik Provinsi Jawa Barat.


4. Nanti akan muncul daftar kabupaten dan kota yang ada di provinsi Jawa Barat


Cari Kota Tasikmalaya


5. Ketemu kan? Klik Kota Tasikmalaya. Nanti akan muncul kecamatan yang ada di Kota Tasikmalaya. Klik Kec. Tawang


Lalu akan muncul seperti ini


Lihat! Pusing kan kalo harus nyari SD dengan daftar yang tercampur dengan SMP dan SMA? -_- Supaya mudah, ubah jenjang pendidikan menjadi SD. Jadi nggak perlu nyortir lagi, langsung keluar sesuai kebutuhan kita.

Jadi gini tampilannya.


Jelas kan? Jelas? Dijelas-jelasin aja deh *maksa*.

Nah, segitu dulu deh tutorialnya buat yang sekarang. Kalau ada perubahan, di update lagi postingannya. Kalau ada yang ingin ditanyakan tentang ini, posting di komen. Oke? Pasti saya jawab kok :D

Semoga Bermanfaat! ^_^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar